THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Selasa, 23 November 2010

Ilmu Budaya Dasar (bab 2)

1. Jelaskan pengertian cinta kasih dan kasih sayang ?
jawab :


Pengertian Cinta Kasih Hakikat cinta kasih yaitu merupakan suatu istilah yang sulit untuk diterangkan secara jelas secara jelas, dan juga diungkapkan dan diingkari bahwa cinta adalah salah satu kebutuhan hidup manusia yang sangat fundamental. Tidak pernah selintaspun orang berfikir bahwa itu tidak penting, yang ada hanya kehausan akan cinta. Meskipun demikian hampir setiap orang tidak pernah berfikir tentang apa dan bagaimana cinta itu, padahal berfikir tentang cinta, menurut Frich Fromm diibaratkan sebagai suatu seni, yang sebagaimana bentuk seni yang lainnya sangat memerlukan pengetahuan dan latihan untuk biasa menggapainya. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 38-40. Cinta kasih bersumber pada ungkapan perasaan yang didukung oleh karsa, yang dapat berupa tingkah laku dan pertimbangan dengan akal yang merupakan tanggung jawab. Tanggungjawab artinya akibat yang baik, positif berguna, saling menguntungkan, menciptakan keserasian, keseimbangan, dan kebahagiaan antara sesama manusia dan tuhan. Dalam cinta kasih tersimpul pula rasa kasih sayang, dan kemesraan, belas kasih dan pengabdian, yang dapat diuraikan dalam berbagai bentuk sebagai berikut :


• Cinta diri merupakan erat hubunganya dengan menjaga diri, yang segala sesuatunya untuk manfaat dan keguknaan bagi diri sendiri.

• Cinta sesama manusia merupakan tindakan yang ikhlas dari hati nurani untuk membantu dan menyayangi, karena manusia adalah makhluk social yang tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain.

• Cinta kepada tuhan, cinta yang ikhlas seorang manusia kepada tuhannya merupakakan pendorong dan menmgarahkannya kepada penundukan semua bentuk kecintaan lainnya.

• Kasih Sayang, Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S. Purwodarminto, kasih sayang diartikan dengan perasaan sayang, perasaan cinta atau perasan suka kepada seseorang. Arti dari kasih sayang sendiri sangat luas, ada yang mengartikan bahwa kasih sayang adalah suatu yang indah, suci, dan didambakan oleh setiap orang. Dalam kasih sayang masing-masing dituntut tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran saling percaya saling terbuka, sehingga keduanya seakan akan merupakan satu kesatuan yang bulat dan utuh. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 45-47.

2. Sebutkan unsur-unsur kasih sayang, bagaimana jika salah satu unsure kasih sayang hilang ?


jawab :

 
Bila salah satu unsur kasih sayang hilang maka retaklah keutuhan cinta karena kasih sayang merupaakan pertumbuhan dari cinta. Dan itu pun akan berdampak lebih besar lagi pada kasih sayang dalam rumah tangga, yang akan menguranngi hak kasih sayang yang diperoleh ,oleh anak-anaknya. Jadi kasiuh sayang pernah dialami oleh setiap orang, sejak lahir anak sudah mendapat kasih sayang. Djoko widagdho, IBD,1988.hal 47

3. Menurut eric fromm ada 4 syarat untuk mewujudkan cinta kasih, jelaskan ?

jawab :


a. knowledge = ( pengenalan)

b. responsibility = ( tanggung jawab)

c. care = ( perhatian)

d. respect = (saling mengormati)

4. Jelaskan pengertian cinta agape, cinta philia, cinta amor dan cinta eros ?

jawab :


cinta agape adalah bentu cinta tampa batas, kerap dicontohkan dengan cinta tuhan terhadap ciptaannya.

Cinta philia adalah kecintaan leluhur dan tumbuh dari hasil persahabatan sehingga menerbitkan rasa kami atau kita.

Cinta amor adalah sebuah cinta yang tidak rasional

Cinta eros adalah cinta yang berdasarkan hawa nafsu saja.

5. Apa yang dimaksud dengan defisiensi ?
 
jawab :
 
Defisiensi adalah sesuatu untuk menerima keadaan dan kekurangan dalam diri.

0 komentar: