THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Minggu, 21 November 2010

Ilmu Budaya Dasar (bab 1)

1. Jelaskan tujuan mahasiswa mempelajari ilmu budaya dasar!
    Tujuan Ilmu Budaya Dasar
 
Jawab :

Setiap ilmu pengetahuan pasti mempunyai suatu tujuan dari ilmu itu buat apa dan untuk apa ilmu itu dipelajari.berikut adalah beberapa tujuan mahasiswa untuk mempelajari IBD:

· Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka kedepannya dalam lingkupa dunia kerja yang penuh tantangan.

· Memperluas pandangan mahasiswa tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.sehingga mereka bisa mencari jalan keluar dari permasalahan tersebut.

· Membentuk sosok figur mahasiswa yang cocok sebagai calon pemimpin Bangsa dan Negara yang ahli dalam bidangnya, disiplin, dan tidak melenceng ke dalam sifat-sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.

· Membentuk keberanian mahasiswa untuk berkomunikasi kepada sesama agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Sehingga segala yang diucapkan bermakna dan tidak bertele tele.

2. Masalah apa yang dipelajari dalam ilmu budaya dasar ?
Jawab :

Masalah yang biasa terjadi dalam ilmu budaya dasar

· Perkembangan ilmu pengetahuan,teknologi,komunikasi yang menyebabkan terjadinya pergeseran sistem nilai budaya untuk oitu diperlukan sikap kritis dan tanggap dalam menghadapi perkembangan tersebut;

· Pengotakan ilmu pengetahuan yang disatu sisi merupakan suatu tuntutan akan tetapi di sisi lain dapat melahirkan pola pikir yang sempit.Sementara masalah-masalah yang terdapat dalam kehidupan masyarakat bersfiat komplesk yang tidak dapat diselesaikan dengan cara parsial;

· Kenyataan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk yaitu tersdiri atas beragam-ragam etnis, religius, geografis memerlukan sikap yang saling menghormati dan menghargai.

3. Siapa yang disebut manusia dan dinamakan kebudayaan ?
Jawab :

Yang disebut manusia dalam ilmu budaya dasar yaitu sesuatu yang mempunyai sisi lain akal dan budi memungkinkan munculnya karya-karya manusia yang sampai kapanpun tidak pernah akan dapat dihasilkan oleh makhluk lain. Cipta, karsa, dan rasa pada manusia yakni sebagai buah akal budinya terus melaju tanpa hentinya berusaha menciptakan benda-benda baru untuk memenuhi kebutuhan / hajat hidupnya. Baik yang bersifat jasmani maupun rohani. Dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan dan pandangan terhadap hidup. Jadi pada hakikatnya, kebudayaan dan pandangan terhadap hidup ini tidak lain adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia.

0 komentar: